You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Djarot Minta Warga Waspadai Banjir Kiriman
.
photo Reza Hapiz - Beritajakarta.id

Djarot Minta Warga Waspadai Banjir Kiriman

Warga yang bermukim di bantaran atau sekitar Kali Ciliwung diminta waspada. Pasalnya, meski intensitas hujan di Jakarta belum tinggi, namun pada November dan Desember, intensitas hujan di Bogor dan sekitarnya sudah tinggi. Akibatnya, banjir kiriman bisa datang tiba-tiba.

Ini yang perlu diantisipasi oleh masyarakat, dan jangan lengah

"Ini yang perlu diantisipasi oleh masyarakat, dan jangan lengah. Jakarta tidak hujan belum tentu tidak banjir, karena air itu bisa datang dari atas. Bulan November dan Desember daerah atas sudah mulai hujan dengan intesitas tinggi," kata Djarot Saiful Hidayat, Wakil Gubernur DKI Jakarta, saat menghadiri peringatan Hari Kali Ciliwung di Jalan Munggang, Kelurahan Balekambang, Kramat Jati, Jakarta Timur, Rabu (11/10). 

Soal Banjir Jakarta, Perlu Intervensi Pemerintah Pusat

Begitu juga dengan warga pesisir pantai, diminta meningkatkan kewaspadaan dini dari air rob. "Kemudian antisipasi juga di daerah Jakarta Utara, karena air laut naik. Kewaspadaan dini harus dilakukan oleh masyarakat," sambungnya.

Lebih lanjut, kewaspadaan dini harus dibarengi dengan kebiasaan tidak membuang sampah ke kali, apalagi sampah berbahan plastik atau anorganik. Di samping itu, perlu inisiatif warga untuk membuat biopori dan sumur resapan di lingkungan mereka. Karena selain berfungsi sebagai pengendali banjir, sumur resapan juga berfungsi untuk penyimpan cadangan air.

"Masyarakat punya inisiatif untuk bikin biopori dan sumur-sumur resapan, karena air yang dari atas itu kalau bisa ditangkap dan dimasukkan ke tanah itu untuk kepentingan kita semua, Ketika musim kemarau tidak akan kekeringan. Masyarakat kita minta untuk menanam pohon yang banyak, karena itu juga bisa menyerap air," tandas Djarot.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1226 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1151 personTiyo Surya Sakti
  3. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1126 personAldi Geri Lumban Tobing
  4. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1059 personNurito
  5. Kalahkan Juara Bertahan, Atlet Tarung Derajat Fariuddin Ishafahani Raih Emas di PON XXI

    access_time19-09-2024 remove_red_eye1040 personAldi Geri Lumban Tobing